Kecanggihan Teknologi Media Informasi

Oleh Bustomi, Divisi Graphis Komunitas Anak Tangga

Pada zaman yang sedang modern seperti saat inikita tahu akan kecanggihan dariteknologi yang terus berkembang sangat pesat dari zaman ke zaman hingga sampai saat ini tidak dapat diragukan kembali. Begitu juga akan media infomasi yang semakin cepat di cari dan dibutuhkan oleh setiap orang. dengan berita yang aktual pencarian informasi bisa dicari oleh siapun dimana saja dan kapan pun, bahkan dengan kecepatan per second / detik pun segalanya bisa kita dapat ditemukan melalui teknologi yang modern saat ini yaitu melalui alat mediayang ada seperti HP, komputer/PC, laptop, note book, black berry, I-pad dan lain-lain.Lalu dengan alat media yang sudah ada kita bisa menemukan pencariannya melalui web atau situs-situsseperti di google, detik.com, kompasiana, viva news, bahkan juga ada di jejaring sosial (FB) Facebook, twitter, yahoo dan lain-lain. Karena informasi bisa dapat di cari dimana-mana dan di berbagai situs web.

Pada zaman dahulu teknologi memang belum sangat terkenal dan juga belum banyak ditemukan berbagai macam dan jenisnya. Tetapi kecanggihan akan teknologi yang semakin hari pun semakin banyak ditemukan oleh para ahli dan dikenal banyak orang akhirnyaterus berkembang sangat pesat dari dahulu hingga sekarang dan masih banyak menemukan hal yang baru untuk diteliti.contoh ketika seseorang akan mengambil informasi dengan menggunakan alat untuk merekam gambar, suara dan lain-lain pasti menggunakan kamera atau perekam suara.Tetapi pada zaman dahulu belum ada teknologi yang seperti itu walaupun ada masih kurang baik dan masih sangat minim dan harganya pun sangat mahal.

Maka untuk kegiatan pengambilan data dan informasi tersebut cara pengambilannya dengan menggunakan cara catat mencatat dan menggambarkan suatu objek ke dalam kertas. Tetapi pada zaman sekarang sudah menggunakan teknologi yang modern dalam pencatatan dan pengambilan gambar dengan menggunakan kamera yang jauh lebih bagus walaupun harganya tetap mahal tapi masih terjangkaulah.

Seorang jurnalis juga tidak harus mempunyai kamera SLR atau kamdi (kamera digital) karna tanpa menggunakan kamera SLR ataupun kamera digital dengan HP juga bisa dan lebih cepat dalampengambilan dan penyimpanan data, bahkan dalam pengiriman data ke khalayak banyak juga bisa lebih cepat. Misalnya ketika seorang jurnalis diharuskan harus memberikan informasi dengan cepat dan jelas kepada pemberitaan yang sifatnya cepat yaitu ketika seorang jurnalis melihat situasi yang sangat mendadak seperti ketika ada bencana alam yang tak dapat diduga-duga maka membutuhkan pengambilan foto / gambar dan pengambilan informasinyayang harus jelas, padat dan singkat. Maka dalam cara pengambilan data dan gambarnya agar bisa dengan cepat ya dengan menggunakan HP misal black berry atau merk hp lainnya yang mempunyai kamera foto, jadi bisa langsung memfoto gambar kejadian yang terjadi, setelah itu memberikan keterangan pada gambar tersebut atau biasa disebut (   ) dan setelah itu bisa langsung kirim dah caranya gampang, simpel kan dan mudah untuk pemberitaan yang sifatnya tidak terencana yang sedang terjadi.

karna kalau memakai kamera SLR atau memakai kamdi pasti ribet untuk hal pemberitaan yang sifatnya cepat. Biasanya kalau memakai kamera SLR atau memakai kamdi untuk dalam hal pemberitaannya yan bersifat sudah terjadi dan terencana. Karna untuk pengiriman dan pemindahan datanya harus dipindahkan terlebih dahulu ke laptop atau PC dan membutuhkan untuk pengeditan yang lebih lanjut maka hal itu membutuhkan proses yang cukup lama dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. jadidalam penggunaan kamera SLR dan kamera digital hanya dalam hal peristiwa yang sudah terencana dan sudah terjadi.

Dalam hal kegiatan jurnalis juga catat mencatat dan pengambilan gambar dengan menggunakan gambaran dikertas juga sangat membantu jika seorang jurnalis tidak mempunyai berbagai macam alat teknologi yang sudah ada.

Seorang warga masyarakat pun juga bisa jadi seorang jurnalis karna telah memberikan informasi kepada orang lainatau biasa disebut jurnalisme(citizen jurnalism).Sebagai fungsi pers ialah memberikan sebuah informasi berita yang bisa dari mana saja.Keterikatan warga masyarakat memang sangat berperan sekali bagi pemberitaan. Seorang jurnalis pun bisa dari mana saja dan siapapun bisa jadi seorang jurnalis walaupun ia seorang tukang becak, tukang ojek, tukang dagang, tukang balon, tukang parkir dan masih banyak tukang-tukang yang lain…sebab informasi itu sifatnya… ya tidak bisa diduga-duga. Pengambilan sumber informasi bisa dari mana saja, kapan pun bisa dan tiap waktu pun bisa dan tidak menentu informasi itu dan bisa dapat diambil dari beberapa sumber. Sebab seorang jurnalis juga sangat membutuhkan informasi yang jelas dari narasumber yang dapat dipercaya dan seseorang yang ingin mencari informasi yang diinginkan bisa dapat dicari dimana saja dengan teknologi yang ada sekarang mau lewat hp, pc, note book dan berbagai macam akan kecanggihan teknologi yang semakin maju dan semakin banyak seorang ingin mengambil informasi dari berbagai macam teknologi yang sudah ada.

 

Tinggalkan komentar